Tilt Shift Fotografi, Menciptakan Miniatur dari Foto Biasa

Sobat Kakikomi pernahkah anda mendengar istilah tilt-shift fotografi ?, mungkin anda para pecinta fotografi sudah sering mendengarnya. Bagi yang masih asing dengan istilah ini, penjelasan dan contoh foto-foto berikut bisa menjadi tambahan inspirasi bagi anda, atau mungkin bisa menjadi hobi/aliran baru untuk anda tekuni.
Menurut wikipedia, secara singkat pengertian tilt-shift photography adalah fotografi yang meng-optimalkan penggunaan kamera berformat kecil dan medium, dengan membengkok-kan persektif, untuk menciptakan foto seakan-akan seperti model miniatur.









Pada awalnya, efek tilt-shift ini didapatkan dengan penggunaan lensa yang diciptakan khusus. Nikon dan Canon tercatat memproduksi lensa-lensa tersebut sekitar tahun 1960-70 an.
Kemajuan teknologi terutama perangkat lunak sekarang ini menjadikan efek tilt-shift dapat dengan relative mudah dipraktekkan dengan software-software pengolah foto seperti Photoshop. Dan ada beberapa software yang salah satu menunya didedikasikan untuk mengolah efek ini, seperti software FocalPoint 2 (http://www.ononesoftware.com/products/focalpoint/) yang bisa didapat secara gratis. Bahkan mungkin jika nanti perkembangannya ‘aliran’ baru ini menjanjikan, software-software yang lain akan bermunculan.
Berikut beberapa contoh lain hasil olahan dengan hasil efek tilt-shift yang menakjubkan.

Untuk tutorial-nya bisa melihat link-link berikut :

http://visualphotoguide.com/tilt-shift-photoshop-tutorial-how-to-make-fake-miniature-scenes/
atau
http://fotografiindo.blogspot.com/2013/04/photoshop-efek-tilt-shift-pada-foto.html
Semoga penjelasan singkat ini berguna, dan semakin banyak foto-foto menarik lainnya yang akan tercipta.
 
Selamat ber-hunting Ria :)


0 Comments

Post a Comment